LATIHAN PERAGAAN MANASIK HAJI TAHUN 1437 H / 2016 M
PAUD, RA, MADRASAH/ SEKOLAH DAN PONDOK PESESANTREN

1. PENDAHULUAN

Perayaan hari besar islam menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Di antaranya adalah perayaan hari raya Idul Adha. Di mana bulan ini merupakan salah satu bulan yang istimewa dan di mulyakan ALLAH SWT.

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang selalu dirindukan oleh umat Muhammad SAW, bulan yang menjadi simbol persatuan bagi umat islam, bulan di mana umat islam menunaikan rukun islam yang kelima (ibadah haji) bagi yang mampu, namun sebelum menunaikan ibadah haji disunahkan untuk menyembelih hewan qurban sebagai sarana mendekatkan diri kepada ALLOH SWT, dan wujud kepedulian terhadap sesama. Orang-orang yang beruntung adalah orang yang apabila melakukan amalan ibadah qurban dengan penuh ikhlas untuk mengharap Ridho dari ALLOH SWT.

Semangat ibadah haji dan ibadah qurban yang ada pada umat islam di bulan ini terlihat jelas dengan banyaknya umat islam menunaikan bulan Dzulhijjah dijadikan sebagai madrasah pendidikan penggemblengan untuk menjadi hamba yang taat kepada ALLOH SWT dan juga hamba yang ikhlas dengan mengorbankan harta dan jiwa yang di miliki-Nya, sebagaimana sejarah Nabi Ibrahim AS yang ikhlas mengorbankan putra yang amat dicintainya yaitu, Nabi Ismail AS.

Melalui panitia Latihan Peragaan Manasik Haji ini, umat islam dan masyarakat muslim di Desa Kuripan Kidul mengadakan rangkaian kegiatan diantaranya adalah penyembelihan dan penyaluran hewan qurban yang kemudian dirangkai dengan kegiatan Latihan Peragaan Manasik Haji yang pesertanya meliputi Siswa PAUD, MI/SD, MTs/SLTP, SMK, & Pondok yang berada di Kuripan Kidul dan beberapa desa di Kec. Kesugihan. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman secara langsung terhadap anak didik khususnya dan masyarakat umumnya mengenai arti berqurban dan belajar sejak dini tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, sehingga kelak setelah dewasa telah memiliki pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji dan qurban sehingga dapat diwujudkan dalam kepribadian muslim sejati yang diaktualisasikan dalam kehidupan.

2. PENGERTIAN

Kegiatan Latihan Peragaan Manasik Haji dan penyembelihan hewan qurban ini dilaksanakan sebagai sarana pendidikan sehingga peserta mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang mendasar yang akan berdampak positif dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sebagai umat islam.

  • DASAR
  1. “Sesungguhnya kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak. Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu; dan berqurbanlah (menyembelih hewan qurban dan mensyukuri ni’mat ALLOH SWT. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus”. (QS. Al-Kautsar; 1-3)
  2. Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan ALLOH SWT adalah seperti sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji, ALLOH SWT melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan ALLOH SWT Maha Luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui”. (QS. Al-Baqarah; 271).
  3. “Tiada satu amalanpun yang dilakukan oleh manusia pada hari raya qurban, lebih dicintai ALLOH SWT selain menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak di hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, dan sesungguhnya sebelum darah hewan qurban itu menyentuh tanah, pahalanya telah diterima di sisi ALLOH SWT, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) qurban itu”. (HR. Muslim).
  4. Program tahunan PAUD Nurul Iman Kuripan Kidul, MI Ya BAKII Kuripan Kidul, MTs NI dan Pondok Yatim Nurul Iman Kuripan Kidul.
  5. Keputusan Panitia Latihan Peragaan Manasik Haji PAUD, MI, MTs, PONPES Kuripan Kidul- Kesugihan Tanggal 26 Agustus 2015.
  • TUJUAN

Kegiatan Latihan Peragaan Manasik Haji dan Pemotongan serta Penyaluran Hewan Qurban ini dilaksanakan dengan tujuan:

  1. Dakwah dan syiar Islam
  2. Memberikan pengetahuan dan pemahaman serta ketrampilan tentang tata cara berqurban dan Pelaksanaan ibadah haji dan umroh.
  3. Mensyiarkan islam ke tengah-tengah masyarakat muslim terutama remaja.
  4. Menghimpun dan mendistribusikan hewan atau daging qurban
  5. Mendidik dan membimbing anak-anak kita yang masih sangat membutuhkan pembinaan keagamaan khususnya dalam kaitanya pelaksanaan ibadah haji dan qurban.
  6. Untuk melatih disiplin, taat, dan patuh agar kelak menjadi anak yang sholeh dan sholehah serta berbakti pada Nusa, Bangsa dan Agama.
  7. Agar anak kita mngetahui bahwa haji merupakan rukun islam yang kelima yang harus dilaksanakan bagi orang islam yang mampu.

3. PELAKSANAAN

Pelaksanaan Kegiatan ini terdiri dari dua kegiatan inti, yaitu :

  1. Latihan Peragaan Manasik Haji

Latihan Peragaan Manasik Haji dimaksudkan untuk memupuk, memperdalam pengetahuan dan  pemahaman serta ketrampilan sejak dini tentang tata cara pelaksanaan haji dan umroh dengan baik dan benar kepada peserta, sehingga menjadi bekal dan motivasi yang kuat untuk melaksanakan rukun islam yang ke 5 (lima) dikemudian hari setelah ada kemampuan.

Pelaksanaan Latihan Peragaan Manasik Haji akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal          :    Senin, 17 September 2016
Waktu                       :    Pukul 07.30 WIB s/d selesai
Tempat                   :    Lapangan Sunan Kalijaga, Kuripan Kidul-Kesugihan-Cilacap

  1. Pemotongan dan Penyaluran Hewan dan Daging Qurban

Pemotongan hewan qurban ini sebagai sarana pendidikan terhadap anak agar memiliki pengetahuan & pemahaman tentang tata cara pemotongan hewan qurban sesuai syariat islam. Adapun pelaksanaannya adalah sebagai berikut:

Hari/ Tanggal         :    Sabtu, 13 September 2016
Waktu                    :    Pukul 13.00 WIB s/d Selesai
Tempat                   :    Halaman Pondok Yatim “Nurul Iman” Kuripan Kidul