Bismillahirrohmanirrohim

Makan siang merupakan elemen yang cukup penting untuk menjalani aktifitas sehari-hari, Pada sebagian besar anak di Indonesia mulai dari jenjang Sekolah Dasar sampai SMP, mungkin merekan akan lebih banyak menyantap makanan dari orang tua atau kantin sekolah.

Tapi tahukan Anda?? Ternyata di Negara Jepang, siswa siswi SD dan SMP mendapat makanan dari sekolah yang mana hal tersebut adalah salah satu program pemerintah Jepang.

Berkeitan dengan program makan siang di MI Ya Bakii kuripan kidul ini, sudah berjalan hingga kini sejak tahun 2008. Yang pada awalnya ditahun tersebut, anak didik belajar mulai dari pagi jam 07.00 WIB sampai jam 12.00 siang. Setelah anak-anak sholat dhuhur dipulangkan kerumah dan berangkat lagi ke sekolah jam 14.00 siang dan belajar lagi hingga jam 17.00 sore. Tetapi belajar di sore hari tersebut hanya dilibatkan pada siswa siswi mulai kelas III sampai kelas VI.

Kegiatan tersebut berjalan hingga 1 tahun, dan pada tahun berikutnya (tahun 2009), anak didik dipulangkan kerumah lebih awal dari tahun lalu, yaitu jam 14.00 siang, karena mayoritas anak didik juga belajar di TPQ atau majlis ta'lim untuk memperdalam ilmu agama, dan agar tidak ada bentrokan antara 2 kegiatan belajar anak. Di tahun 2009 ini sekolah sudah bisa mempersiapkan makanan untuk makan siang anak-anak dan juga para guru, dan anak didik juga boleh membawa makan sendiri dari rumah. Akan tetapi anak akan dikenakan biaya makan siang bagi anak yang tidak membawa makan dari rumah, yaitu dengan 1 gelas beras danuang sebesar 1.500 rupiah tiap hari. Dan untuk anak yang tidak membawa beras dan uang, dikenakan biaya 50.000 rupiah tiap bulan. Dan program ini diikuti oleh seluruh peserta didik MI Ya Bakii Kuripan Kidul

Dengan penuh syukur pada tahun 2010 lalu kegiatan makan siang ini masih berjalan, tetapi ada perubahan jam belajar anak didik, yaitu anak-anak dipulangkan lebih awal lagi jam 13.30 siang, karena setelah pulang sekolah anak-snak diberi waktu istirahat untuk persiapan ngaji di TPQ atau majlis ta'alim. Pada tahun awal tahun 2016 alhamdulillah untuk program ini sudah bisa menambah fasilitas sendiri untuk dapur, yang mana pada sebelumnya masih menumpang di rumahnya tukang masak.

Manfaat makan siang disekolah

Mengingat manfaat makan siang ini, ternyata banyak sekali peruahan yang menjadi lebih baik yang dialami oleh anak-anak, diantaranya yaitu :

  1. Mengajarkan tata krama
    Mengajarkan tata krama atau sopan santun ketika makan bermanfaat bagi anak didik ketika mereka besar kelak. Apabila sudah dibiasakan sejak dini, maka anak tersebut akan terbiasa dengan sikap sopan santun kepada teman sebaya maupun teman yang lebih tua, bahkan juga kepada orang tua ketika dalam makan bersama-sama.
  2. Meningkatkan komunikasiMakan bersama merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan hubungan baik dan membangun komunikasi dengan teman-teman disekolah. Dan akan menjadi lebih akrab diantara mereka dan guru.
  3. Lebih hematDengan diadakannya kegiatan makan siang di sekolah maka akan bisa menghemat uang jajan anak-anak, karena apabila anak tersebut sudah kenyang akan merasa bosan beli jajan lagi dikantin, dan uang saku akan lebih hemat.
  4. Mengenal aneka rasa makanan
    Makan bersama-sama disekolah, akan memberikan  sebuah kesempatan untuk mencicipi rasa baru makanan sehingga mereka tidak memilih-milih makanan. Dan mereka juga akan terbiasa dengan makanan yang berasa apa adanya, dan lebih mensyukuri rizki yang mereka dapat.
Dengan penuh kecerian mereka makan siang bersama teman-temannya, dan semakin erat persaudaraan diantara mereka.
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga dengan adanya program makan siang di MI Ya Bakii Kuripan Kidul ini, akan bisa meningkatkan kualitas belajar. Aaamiin